17.58 0 Comments


SURABAYA-Kemeriaan Oktoberfest 2012 nun jauh di kota Munich, Jerman terasa hingga Café Bromo, Sheraton Surabaya Hotel & Towers, kemarin (11/10). Sepanjang waktu para pengunjung café menikmati bir sembari mendengarkan musik Oompah atau musik tradisional Jerman yang dibawakan oleh Auner Andi und Freunden
Santapan Bavarian food ala Executive Chef, Yakob Angerer melengkapi pesta yang diselenggarakan Wisma Jerman, Ekonid (perhimpunan ekonomi Indonesia-Deustchland) dan Sheraton Surabaya Hotel & Towers itu.
“Oktoberfest adalah pesta terbesar di negara kami dan juga diselenggarakan di seluruh dunia,” bangga Birgit Steffan, Direktur Wisma Jerman.
Dengan menggunakan dirndl atau busana tradisional Jerman Selatan, wanita yang baru 8 bulan tinggal di Surabaya itu menggoyangkan tangan ketika Auner Andi memainkan alunan lagu ententanz atau tari bebek.
Tak cukup memainkan alat musik akordeon dan loffel (sendok kayu), Auner Andi yang menggunakan Bavarian lederhosen leather shorts atau busana pria tradisional Jerman langsung menggerakkan kakinya. “Ini namanya Schuhplatteln atau tarian tradisional Jerman,” jelas Birgit sembari memukul pantat Andi.
Suasana makin meriah, ketika Yakob Angerer, Executive Chef turut bermain  musik. Tiba-tiba laki-laki asal Spanyol itu langsung mengambil sendok garpu dan ikut Schuhplatteln. “Sangat keren,” cetus Yakob sembarai memukulkan sendok-garpu dipahanya.
Birgit menambahkan, di Jerman, Oktoberfest sudah diselenggarakan selama 200 tahun yakni setiap akhir september hingga pertengahan oktober. “Untuk di Surabaya baru pertama kali ini, dan kita selenggarakan hingga 13 September besok di Hotel Sheraton,” terangnya.
Birgit menjelaskan, Oktoberfest selalu identik dengan pesta bir sepuasnya serta menikmati makanan tradisional Jerman Selatan. Seperti knodel (kentang), schweinshaxe, saurkraut dan stecherifisch.  “Saat ini selain makan dan minum, Oktoberfest makin meriah dengan sarana dan prasarana permainan. Sehingga yang dewasa minum, yang anak-anak bermain,” pungkasnya. (han)

0 komentar: