Mitos Weton Selawe Bikin Rumah Tangga Hancur di Pengadilan Agama

01.21 124 Comments

Selasa, 23 Desember 2014 aku bermain di Pengadilan Agama, Jl Ketintang Madya. Lagi-lagi, aku akan mencari kisah rumah tangga yang bisa aku tulis untuk pembacara setiaku. SEorang wanita sebut Karin sedang melakukan gugatan kepada orang tuanya untuk menuntut jadi wali nikah sah. Dulu pernikahannya tak disetujui lantaran hitungan dia dengan suaminya berjumlah 25. Dalam jawa angka d25 dianggap pati atau menimbulkan kematian.

Jumlah weton suami istri yang hasilnya 25 (selawe) dianggap bisa menimbulkan mala petaka begitu diyakini, Donlesi, 65. Saking teguh pendiriannya, pria asal Kedung Cowek itu bersikukuh tidak mau menikahkan putrinya, sebut Karin, 34 dengan pria pilihanya sebut Donwori, 36. Padahal, demi mendapatkan restu ayah kandung, Karin, 34 rela menggugat ayah kandungnya di Pengadilan Agama, Jl Ketintang, Madya.

Gugatan yang dilayangkan Karin kepada Donlesi itu hanya memiliki satu tujuan. Wali hakim yang tertulis dalam akta nikahnya sepuluh tahun silam bisa berubah menjadi wali nikah. “Saya ingin majelis hakim mengingatkan ayah saya supaya tanggung jawab bapak itu menikahkan anaknya, tapi sudah 10 tahun saya menikah. Ayah saya tidak mau juga merestui hubungan sama dengan suami,” jelas Karin saat sidang gugatan pengesahan wali nikah di PA, Rabu (24/12).

Ibu dua ank ini mengakui sejak awal nikah, ayahnya tidak pernah merestui hubungannya dengan Donwori. Padahal, Karin vs Donwori sudah berpacaran lima tahun lamanya bahkan hubungannya dengan Donlesi sangatlah baik. Saat pacaran, Donlesi seringkali mengajak Donwori mengikuti acara keluarga. Donwori dianggap seperti anaknya sendiri. Setiap kali ada masalah  keluarga, Donwori selalu diajak sharing. Namun, sikap Donlesi kepada Donwori berubah 360 derajat saat kedua keluarga bertemu untuk menetukan waktu pernikahan Karin. Setelah dihitung-hitung secara tanggalan jawa ternyata jumlah weton Karin vs Donwori adalah 25 artinya tibo pati.

Dalam hitungan jawa jika jumlah weton kedua pasangan istri berjumlah 25, maka dalam kehidupan rumah tangga akan selalu ada rintangan. Bahkan, orang-orang yang dicintai akan meninggal dalam waktu dekat. Maka itu, Donlesi sontak menolak pernikahan Donwori vs Karin. Berbagai cara dilakukan supaya  pernikahan batal, dari mencarikan jodoh lain untuk Karin, tidak membiayai resepsi pernikahan hingga tidak menjadi wali nikah Karin vs Donwori. “Ayah saya takut meninggal kalau menjadi wali nikah saya,” katanya. Hingga, akhirnya adik kandung Donlesi atau paman Karinlah yang menjadi wali hakim nikahnya. Saking tidak setujunya lagi, Donlesi tak hadir dalam pernikahan anak keempatnya itu.

Kendati tidak disetujui ayahnya, Karin vs Donwori akhirnya bisa hidup bahagia di rumah barunya yang berada di kawasan Lidah Kulon. Menurut Karin, Donwori yang bekerja sebagai dosen adalah sosok pria baik dan penyayang. Faktanya, meski sudah tidak direstui,  Donwori menyetujui niat Karin mengajukan gugatan pengesahan wali nikah di Pengadilan Agama.

Namun, apa yang diinginkan Donwori vs Karin tampaknya tak akan pernah tercapai. Donlesi bersikukuh tidak akan mau menjadi wali nikah Karin. “Tak dungakno kowe sukses, tapi aku ndak mau mati gara-gara itungamu selawe (tak doakan kamu sukses, tapi aku tidak mau meninggal gara-gara hitungannya 25,red),” kata Donlesi ketika menghampiri Karin dari belakang.

Kakek tujuh cucu itu memang terlihat begitu yakin dengan keputusannya. Ketika Karin mau mencium tangan Donlesi, ayahnya itu langsung menolaknya. Karin pun menangis tersedu-sedu. Donwori pun memeluk istrinya dengan penuh cinta. “Ma, kalau memang ayah tidak merestui kita. Mending kita cerai saja, saya juga tidak sreg sama mama,” kata Donwori yang kemudian meninggalkan istrinya.

“Ada apa pa. Selama ini kan kita bahagia dan tidak pernah ada masalah,” kata Karin menangis histeris. “Ini gara-garaweton selawe. Ayah dan bojoku ninggalno aku,”  ungkapnya. Oekk..oekkk.

124 komentar:

  1. hmm..turut berduka..bukan hitungannya kanyaknya yg berbengaruh kekeluarga,,tapi keyakinan orang tua itu yang memecahkan keluarga..jadiiii percaya aja sama diri kita dan doa sama pencipta

    BalasHapus
  2. jodoh, sya juga terhalang angka 25, sya sangat sedih sekali. sampai gak pingin nikah sampai saya mati nnti.

    BalasHapus
  3. Salah hitung kawan. yang betul itu 25 : 5 = 4 lebih 5.
    ini hitungan weton bukan hitungan matematika dulur.
    Hitungan 25 kui sing apik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hitungannya emg gtu benar gtu kyk matematika

      Hapus
    2. Maaf pak bs jelaskan hitungan 25:5 = 4 sisa 5, kenapa bs seperti itu? Sya juga sdg dlm proses dihitung dapetnya 25, sy pun jga mencoba untuk tidak meyakininya, tp beberapa fakta disekitar mengusik keyakinan saya. Mhn bntuannya pak

      Hapus
    3. @duwirosalia gak apa2 mbk, ini salah satu perhitungan yg hasilnya tidak bagus, tapi diperhitungan yang lain weton 25 hasilnya justru bagus. jadi bisa diteruskan, asalkan hari nikahnya benar2 dicari dg hari yg bener2 baik.

      Hapus
  4. Assalamualaikum.

    Islam tidak mempercayai ada.x pengaruh weton terhadap,jodoh,rezki ataupun kmatian seseorng.
    Itu adalah kpercayaan yg mnyesatkan.dn itu semua adalah tahayul.jodoh,rezki dn pati itu udh ada yg ngatur.
    Islam membolehkan dua insan menikah dg sayarat beragama islam dn baik agama.x.bkn karna weton.x brjumlah 25 maka pernikahan tdk boleh dilasungkan.
    semua hari itu baik.tidk ada hari yg sial.
    Klupun stlah menikah anda akn mngalami ksedihan,nestapa,musibah itu tdk ada hubungan.x dg weton.itu semua sudah khendak Allah.ingat!! Allah tdk mnguji kita lbih dari kmampuan kita.Jadi mohonlah slalu perlindungan kpd Allah.Jngan percaya dg weton sperti itu.
    klu anda percaya dg kpercayaan sperti itu.maka secara tidak sadar anda terjerumus k lembah yg lbih juram.Yaitu Kesyirikan.

    Wasalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Islam datang tdk jg bertujuan menghilangkan adat dan aturan Jawa tetapi melengkapinya, dlm sebuah hadits sohiq Rosulullah bersabda bahwa jumblah rosul itu sebenarnya ada 312, kalau menurutku aturan adat Jawa itu adahalah peninggalan salah satu dari rosul yg 312 itu karna aturan adat Jawa itu tujuannya utk kebaikan seperti yg tertulis di Alqurnan yg namanya segala kebaikan itu dari sisi Allah kalau keburukan dr sisi manusianya sendiri

      Hapus
  5. Balasan
    1. Smean ketemu 25 tapi masih nikah ta

      Hapus
    2. Banyak rintangan 25 orang tua meninggal kedua belah pihak trus anak rezeki jga tersendat katanya

      Hapus
    3. Saya jg ketemu 25...menikah dgn wali ayah kandung saya,,,,alhamdulillah sekarang sdh 11th pernikahan kami dikarunia i 2 putri cantik dan mau program anak ke 3(smoga dpt ank cowok,amin)šŸ˜Š...suami saya wiraswasta penghasilan alhamdulillah,,,semua takdir adalah ketentuan Allah bismillah saja dan berbaik sangkalah terhadap Allah inshaallah semua baik2 saja.

      Hapus
  6. Lhoh 25 itu bagus lho. Seingat saya jatuh (tibo) di Lungguh. Kalo yang Pati itu sisa 4. Kayak 19 (19:5=3 sisa 4), 24, 29 dsbnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 25:5=5, 5 adalah pati
      1 sandang
      2 pangan
      3 papan(joyo)
      4 loro
      5 pati

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  7. Kakak saya ketemu 25 bahagia,cuman karna menikah dibawah umur masa mudanya sering bertengkar,bila bertengkar intinya ga ada orang ketiga/orang tua ga boleh ikut2 karna sudah tanggung jawab suaminya

    BalasHapus
  8. saya mengalaminya.... bpk mertua dan adik saya meninggal, seharusnya mma saya yg masuk ICU wkt itu tdk sadarkan diri tp Tuhan berkata lain... adik saya yg meninggal, mending jgn dteruskan... skrg sy hidup susah jg ada penyakit..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bapak ngak nanya.. weton orang ICU samping bapak berapa.?
      orang pasti meningal pak.
      orng meningal udah di garisin dari lahir..

      Hapus
  9. saya mengalaminya.... bpk mertua dan adik saya meninggal, seharusnya mma saya yg masuk ICU wkt itu tdk sadarkan diri tp Tuhan berkata lain... adik saya yg meninggal, mending jgn dteruskan... skrg sy hidup susah jg ada penyakit..

    BalasHapus
  10. ketidakcocokan weton kelahiran dari pasangan yang akan menikah sebenarnya bisa disarati/dicarikan solusinya. karena itu tidak seharusnya tidak jadi menikah dikarenakan ketidakcocokan weton.

    BalasHapus
  11. Saya juga ketemu 25.insya Allah dlm wktu dekat akan menikah.tp saya sangat yakin kebesaran Allah SWT.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagi kisah kak
      kalo udah nikah ...

      Hapus
    2. Saya jatuh 25 jg ...sdh mnikah ...saya hny mgikuti garis takdir .

      Hapus
    3. Amin kita hidup hrus prcaya alloh karna semua alloh yg tau?semoga sakinah mawadah warohmah amin

      Hapus
  12. Bagaimana cara menghindari hal-hal yang tidak diinginkan tersebut. selain berdoa terus-terusan.
    Apa yang saya lakukan. tlg emailkan ke yudiprasetyo@ymail.com

    BalasHapus
  13. Saya juga 25. Memang banyak halangan dan sya kira semua kehidupan pasti ada cobaan ujian rintangan dan ujian. Selagi kita yakin dan saling percaya insyaa'Allah akan baik" sja. Bukannya orang hidup itu pasti slalu ada masalah ?.ntah sadar atau tidak

    BalasHapus
  14. Semuanya kembali lagi pada satu kata "KEYAKINAN", untuk mereka yg yakin n percya, mungkin itu akan nyata... tpi untuk mereka yg tdk yakin, mungki itu bisa tdk akan nyata,... ataupun bisa jdi nyata, tapi kita tdk pernah sadar/ terfikir tentang hal itu

    BalasHapus
  15. halo kawan ikut berbagi pengalaman hidup yah, sekaligus merayakan hubungan saya dan istri menjelang 6 tahun,
    menurut saya semua orang yang hidup tidak lepas dari sebuah permasalahan,memang rasanya sulit sekali bila hidup tanpa ada dukungan secara moril dari orang tua, apalagi bila dilatar belakangin itung itung "WETON"
    saran saya bila anda atau siapapun yang membaca komentar ini dan nekad menerjang itungan WETON anda dan pasangan yang berjumlah 25 maka siapkan mental anda dua kali lipat untuk menghadapi permasalahan yang akan datang!!!
    KENAPA???
    karena menurut saya dua WETON tersebut yang berjumlah 25 selalu ada yang harus mengalah salah satu pihaknya, misal saya dan istri, sayya senin wage dan istri saya kamis pahing,
    secara teorinya bisa disimpulkan bahwa istri saya yang lebih mendominasi dalam rumah tangga saya, namun pada kenyataanya, dan menurut kepercayaan agama saya pribadi dan mungkin dalam ajaran ajaran JAHILIYAH pun PRIA diharuskan menjadi seorang pemimpin bagi istrinya, maka saran saya adalah putuskanlah dahulu sebelum anda menerjang hitungan 25, terutama tentang apa yang boleh dilakukan dan apa yang tidak boleh sebelum anda menikah, dan pastikan anda telah berhasil mendaftar apa yang disukai dan tidak disukai masing masing pasangan (maksudnya dalam karakter) kemudian carilah alternatifnya.

    misalnya disini adalah istri saya pribadi yang masih belum dianggap sebagai menantu dikeluarga saya, bahkan ada maupun tidak adanya bisa dianggap seperti mahluk ghaib :-) ...

    dan alhamdulillah, himgga saat ini saya masih bisa meyakinkanya, bahwa hubungan kita ini tidak perlu membutuhkan pembuktian apapun pada orang lain atau bahkan keluarga saya pribadi.., yang ada hanya kita berdua dan anggap saja begitulah konsekuensinya bila kita berdua menikah...

    #hikmah : jalanan tidak selalu mulus, begitupun peraian tidak selalu tenang, maka teruslah melaluinya, karena engkau tak akan pernah mengetahui kejaiban TUHAN yang telah disiapkanya untukmu beberapa mil ke depan.

    salam

    by

    facebook.com/ahmadbodrex

    BalasHapus
  16. Hidup.dan mati seseorang itu sudah ada yang menggariskan...jd ya ambil positifnya aja.

    BalasHapus
  17. Kata ortu dari awal dilihat dulu weton keduanya (bagi yg percaya). Bener2 jadi takut klo nyari jodoh kita lihat dulu wetonnya cocok apa enggk, klo g cocok masak lgsung diputusin :-( gaenak bgt jdi diambang2 sma weton.

    BalasHapus
  18. Aku jg ketemu 25.
    Tapi Katanya bagus Krn pas lailatul kodar nya di malam 25.

    BalasHapus
  19. Klo ketemu 24 apa ada solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagaimana solusi & pengalamannya yang ketemu 24 bisa email kisahnya
      Vindyramadani@gmail.com

      Hapus
  20. Saya pernah menikah dgn istri pertama dg neptu 25 rezeki lancar tapi sering bertengkar, akhirnya bercerai

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. saya sama istri ketemu 25. emang kadang bertengkar.
    saya mau istri satu saja dan smoga bisa bahagia selamanya aaaammiiiiin

    BalasHapus
  23. Saya ketemu 24..
    Terancam gagal nikah ..karena mertua ngk merestui

    BalasHapus
  24. pernikahan pertamaku gagal.aku dan mantan ketemu 25. saya sekarang juga ketemu cewek yang ngajakin nikah.anehnya lagi weton total kita 25 juga..aq bingung. tapi saya denger ada solusinya. nikahnya harus pada jumat legi ..apa benar yoo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo ad orang yg bilang perjodohan ketemu 25 jelek itu salah besar dan orang yg bodoh ,sprti orang dlm mngerjakan soal ujian sekolah dngan cara menghitung kancing baju ,yg benar arti dlm hitungan ketemu 25 ya itu 25 :7 dan knpa tujuh ,krena tujuh adlah jumlah dimana alloh mmberikan hari dan tingkatan langit ,jd 25 :7 =3 dan yg menentukan masalah nasib rumah tangga bukan yg 3 itu ,tp 4 sisa hitung itu ,yg artinya SUMUR SINOBO dlm arti ,: "barang siapa yg mnjalankan perjodohan dngan hitungan sumur sinobo maka kelak dlm rumah tangganya akan slalu mnjadi contoh dan panutan yg baik dan slalu di beri rejeki yg melimpah " krena yg rumah tangga sumur sinobo selalu rukun dan harmonis ,klo sudah rukun dan harmonis rejeki salau datang tanpa di ketahui ,jd semua hitungan primbon jawa dan apapun hitunganya TDK ADA YG MENENTUKAN KEMATIAN ,krena takdir kematian hnya tuhan sang maha pencipta yg menentukan ...matur suwun

      Hapus
  25. kalo ketemu nya 26 gmn mbk/mas? sy sedih hubungan saya diambang pintu
    astaghfirullah

    BalasHapus
  26. Saya dan suami jg jtuh 25 ..dulu pcrn 5 thn.Alhmdulillah dah mnikah 2thn, suami sll ngalah ..saat a marah .suami diam ,saat suami dlm keadaan jgkel ,saat itu a diam dan memperhatikan layakny dlm alquran ,
    Sblm mnikah saya bertunangan dan hmpir putus d tgh jln krn org k 3,sbln tdk komunikasi dan saya sll mnyempatkan tuk solat istikarah ,dan takdir brkata laen Dan ALLAH sll mnunjukan muka dia d mimpi ku ...SUBHANAALLAHHHHH dlm 46 hr tdk komunikasi ...dgn enteng ny a mnrima kmbli dia dan mnikah ...
    S
    A sll percaya kuasa ALLAH ....jdohku adlh slh satu garis takdr yg d tentukan oleh ALLAH

    BalasHapus
    Balasan
    1. Skrg gmn rmh tangga kakak? Bagi kisah ya kak

      Hapus
    2. Skrg gmn rmh tangga kakak? Bagi kisah ya kak

      Hapus
  27. Banyak juga yg terganjal oleh 25, gimna cara agar terus berjalan tanpa 25.adakah?
    Mungkin dengan cara hitungan lain? Ada?
    Sebenrnya males bnget berhubungan dengan yg kyk gini...munrunkan tauhid .... Tp orang tua masa harus dilawan...

    BalasHapus
  28. hitunganku dgn pasanganku 25, dan mau nikah. bingung nih jadinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Q jg sempat kyk km ...tp prcy k ALLAH .ALLAH Sdh mnulis garis tkdir sblm kita lhir

      Hapus
  29. Kalo ketemu 29 bagaimana mbk mas,,, apa ada yg mengalami hal serupa. Udah pernah saya tanyakan ke orang pintar dan memang weton kami susah.sempat stres karna itu. Dan memang weton ku yg lebih sedikit dari pada calon saya. Katanya jika di terus kan saya yg kalah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kak aku juga ketemunya 29,tapi kalo dijumlah weton pacar saya yg jumlah wetonnya lebih banyak. Itu gmna kak? Boleh minta solusinya juga?

      Hapus
  30. Kalau jumlah weton 20 ada nggak?

    BalasHapus
  31. Kalau jumlah weton 20 ada nggak?

    BalasHapus
  32. Percaya apa enggak....25 kbnyakan bnar adanya...aku punya bibi dulu ktemu 25...trus aku punya kakek meninggal gak lama...trus suaminya bibiku meninggal muda juga...entah kbetulan atau gmana....lbih baik di hindari saja....blajar ikhlas mnerima...apalagi mnengok crita anda...ksihan orang tuanya...klo ingin hidup bahagia...mintalah restu kduanya....

    BalasHapus
  33. Percaya apa enggak....25 kbnyakan bnar adanya...aku punya bibi dulu ktemu 25...trus aku punya kakek meninggal gak lama...trus suaminya bibiku meninggal muda juga...entah kbetulan atau gmana....lbih baik di hindari saja....blajar ikhlas mnerima...apalagi mnengok crita anda...ksihan orang tuanya...klo ingin hidup bahagia...mintalah restu kduanya....

    BalasHapus
  34. Ini ilmu nujum.. kita jangan percaya dengan hal kayak gini.
    Klw kalian percaya sama beginian berarti anda percaya sama peramal.

    BalasHapus
  35. Semua itu sdh digaris kan sama Tuhan..mau ketemu brp aja nama nya pernikahan pasti ada susah dan senang gk ada yg datar..senang..trs dan susah teruuus..yg penting jln dengan Iman..saya juga temu 25 baik2 aja koq..šŸ˜Š

    BalasHapus
  36. saya juga demikian mau menikah bulan 4 mendatang karena temu 25 dan tibo hing ge menjadi masLah utama yg menjadi batalnya pernikahan.

    BalasHapus
  37. Kalau ketemu 27 gimana ya? Mohon pencerahannya .. Terimakasih

    BalasHapus
  38. Kalau yg mebingungkan ketemu 30...sperti saya... Gimana ngitungnya...dibagi kelipatan 10 habis gak Ada sisa... Kalau dibagi kelipatan 7 sisa 2... Kalau dibaginya kelipatan 10 yg lain misalnya 20 Maka sisa 10.. karena gak boleh sisa Maka dibagi 7 baru bisa ketemu bagus karena sisa 3..... inI mohon petunjuk piye yah...

    BalasHapus
  39. Kalau misal dari jumlah 30.. Maka saya akan Cari Hari baik pernikahan dengan penjumlahan Hari yg dipilih.. misalnya pilih Hari yg jumlah neptunya 13 Maka akan ketemu jmlh 43 yg sisanya adalah 3 jika dibagi 10.... Terus biar aman saya lakukan ruwatan penyembelihn ayam...

    BalasHapus
  40. Aku ama pasanganku juga 25 aku takut aja gk dapet restu dari orang tua akunl gk tau lagi harus ngapain

    BalasHapus
  41. Numpang Nanya donk. Orang tua saya Kamis PON,,minggu Wage dan saya Selasa PON. Dan orang tua pasangan saya Kamis PON ,,Selasa PON dan pasangan saya minggu Wage. Katanya slah satu aja sma,, pasti AD musibah. Katanya klw dipaksain salah satu Dr orang tua AD yg meninggal. Dan kebetulan keluarga saya dan pasangan saya sm semua. Mohon penjelasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gk apa2 mbk, dalam tradisi jawa semua ada solusinya. bisa diteruskan, mungkin dg tambahan2 tertentu.

      Hapus
  42. Tolong jawabanya jika itungan laki selasa kliwon dan cwe rabu pon itu jika ktm 25 apa ada jln itungan lain supaya itungan nya ktm baik

    BalasHapus
  43. Dan jika ktm 25 apa ada ruawatan untuk menghindari buruknya ramalan weton tersebut,mohon jwabanya

    BalasHapus
  44. Kalo jatuhnya di angka 20 gimana ya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. jatuhnya pati, sangat tidak baik, 20:5 = 5
      tpi rejeki dn jodoh sudah ad yg atur kq.

      Hapus
  45. Sy ketemu 25 antara maju dan munduršŸ˜­

    BalasHapus
  46. Saya jg ketemu 25 dan alhamdulillah kami baik2 saja pernikahan udah jalan 4 tahun tp banyak cobaan yang harus kami hadapi terutama masalah ekonomi.

    BalasHapus
  47. Saya jg ketemu 25 dan alhamdulillah kami baik2 saja pernikahan udah jalan 4 tahun tp banyak cobaan yang harus kami hadapi terutama masalah ekonomi.

    BalasHapus
  48. Aku jg ktmu 25 hitungannya.. Bingung nih krna ortublngsung percya gtu aja sama weton

    BalasHapus
  49. Balasan
    1. Saya juga 29 dan saya sudah menikah 8thn anak 3, saya lebih percaya ke istikhoroh bukan weton terima kasih

      Hapus
  50. Udah serius menyempurnakan agama dg menjalankan salah satu sunah rasul, dan agar di anggap umat nabi Muhammad Saw, gagal gara2 weton, kira2 gimana ya, berdosa gak y yg menggagalkan, nabi Muhammad ketika menikah menghitung weton juga gak, klo beda antara adat Jawa Arab, kayanya gimana gitu, semua kan takdir Allah, kecuali ada campur tangan si jin yg kuat karena si insan begitu yakin percaya akan adat ramalan tsb

    BalasHapus
  51. Percaya atau tidak.. sy dgn mantan ketemu 25.. slama 8th menikah,ujiannya bs dibilang luar biasa.. dr prmasalahan ekonomi yg dbwa mantan, jg sodara2x yg sering mnta bantuan, blm lg anak2x yg dr prnkhan sblmnya sring ganggu.. blm lg prmslhan intern sndri...
    Itu luar biasa skli.. mslh mninggal, prcya jg ato tdk, 3th prnkhan bapak sy mninggal..
    Krna akhir2 ini sering cekcok perkara kprcyaan akhirnya sy sholat, dan ntah knp sy ingin mundur dr prnkhan ini.. akhirnya ada prtgkaran yg diharuskan sy mngutarakan uneg2 sy, dan mantan tdk terima.. akhirnya km memutuskan berpisah..

    BalasHapus
  52. Saya ketemu 24.... tp alkhmdllh saya g percaya dengan hal hal tsb.. kembalikan semua ke allah...

    BalasHapus
  53. Dua bulan lagi nikah, tp skrg diambang awang2 gara2 ada hitungan 25.. Ortu calon ribut gituan.. Ortu saya senyum tak tertahankan.. Sama2 jawa, tapi Ortu saya percaya sepenuhnya sama Allah.. Bagi ortu saya, weton hanya mitos buatan manusia yg entah itu siapa.. Saya juga berpikir begitu..
    Dua bulan lagi, tp ngambang gara2 ada yg percaya calon istri saya sakit batuk gara2 hitungan 25..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hitungan 25 sebenarnya tidak apa2 diteruskan, dengan tambahan2 tertentu.

      Hapus
  54. Saya jatuh di angka 29 saya sudah menikah dan alhamdullilah tidak ada kendala apa pun karna saya tidak percaya beginian, buat saya sendiri lebih percaya saya Allah.. saya sudah nikah 8thn sudah punya anak 3 kalau saya di hitung di angka 29 bearti saya jatuh di Loro, dan semua itu tidak ada halangan 1 pun karna saya dan istri saya memilih ke
    istikhoroh....

    BalasHapus
  55. Balasan
    1. bisa lanjut, asal hari pernikahannya benar2 diteliti ya.

      Hapus
  56. Saya sama istri 25. Banyak yang berusaha melarang. Kami sudah nikah 3 tahun. Memang ujiannya berat sering berantem. Tapi ya gimana lagi... Menggabungkan 2 karakter dalam satu atap itu kan sulit. Apa lagi dari perbedaan darah. Ya memang harus mengalah si... Tapi ya menambah kedewasaan kami. Alhamdulillah saya masih punya Alloh.

    Kalau kalian masih punya Alloh gak?

    BalasHapus
  57. Saya 24 baru nikah 6 bulan. Ada yg sama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa bagi certanya, saya juga 24 dan bingung karna terhalang hitungan weton

      Hapus
  58. Assallamualaikummm.. Saya Juga terhalang hitungan jawa.. Saya dan pacar saya sudah 4th berpacaran awalnya keduk orang tua kami seperti nya sangat menyukai kami.. Tiba saatsaat kami masalah weton, sabtu pahing vs selasa wage aku dan pacar aku, kami temu 25 dan orang tua pacar aku juga temu 25 tp beda weton sama kami, seketika kedua orang tua kami langsung memutuskan paksa hubungan kami karena rasanya sangat sakit bangett...baru 1minggu kmi mengalami hal ini dan semakin berusaha berpisah rasaras semakin tambah sayang dan tambah nyiksa batinšŸ˜¢ apakah benar jika kami tetap nekat akan terjadi hal hal yang tdk baik itu?

    BalasHapus
  59. Kalo ketemu 20 gmna ya mohon solusinya

    BalasHapus
  60. Apa itu smua bener ya? Kebetulan saya jg ketemu 25 istri saya selasa pon, dan saya jumat pahing. Hari pernikahan saya senin wage. 8tahun pernikahan dikaruniai putri,dan sekarang umur 7thn. Saat ini pernikahan saya di ambang perceraian,,,mohon pencerahanNya.

    BalasHapus
  61. Solusi untuk menyiasati weton jodoh ketemu 25 sebetulnya sangat sederhana, bahkan tanpa harus melakukan ruwatan-ruwatan tertentu yang ribet dan sulit ditunaikan. Solusi tersebut adalah dengan memilih tanggal akad pernikahan bernilai Satriya Wibowo. Tanggal akad bernilai Satriyo Wibowo dipercaya dapat menghilangkan –atau paling tidak meminimalkan keburukan bale kedhawang.

    Adapun tanggal akad pernikahan yang bernilai Satriyo Wibowo untuk weton jodoh ketemu 25 jatuh pada weton yang memiliki neptu 13, seperti Kamis Legi, Senin Pahing, Jumat Pon, Sabtu Wage, dan Minggu Kliwon. Salah satu dari kelima tanggal tersebut bisa dipilih dengan menghindari tanggal apesnya orang tua (jika sudah ada yang meninggal) serta pemilihan bulan yang baik untuk pernikahan menurut penanggalan Jawa.

    BalasHapus
  62. Sy jg 25, sdh menikah 7th, sdh dikaruniai 2 anak, sejauh ini yg sy rasakan memang byk sekali permasalahan yg dtg silih berganti, tp sy msh percaya kuasa Alloh SWT, krn ujian yg dtg kepada kita adalah sarana untuk menaikkan derajat bagi mereka yg mampu bersabar dan bertawakal .. bagaimanapun percaya sj bahwa takdir tdk akan pernah salah, trgantung bgmn kita memaknainya .. bagi sy setiap ujian sy anggap sbg peleburan dosa dan jalan menuju surgaNya.. jd kuncinya kembali lg pada diri kita sendiri. Karena tdk ada kapal yg berlayar yg tdk pernah bertemu badai, tp yakin saja bahwa setelah badai pasti akan ada pelangi .. semangat ....

    BalasHapus
  63. Assalamu'alaikum mas mbak semuanya, mau tanya dong kalo temu 24 itu gimana ya? Kalau kata orang-orang ketemu 24 itu tidak baik. Tapi saya tidak mempercayai akan hal itu. Saya yakin semua sudah ada yang mengatur, hidup mati jodoh rejeki semua atas kehendaknya. Saya dan calon saya, percaya akan kebesaran Allah semua yang terjadi atas izin Allah. Namun sepertinya orangtua saya mempercayai kalau ketemu 24 itu tidak baik tapi dari keluarga calonku katanya mereka berani meskipun ketemu 24 tetap bisa diakali dengan mencari solusinya jalan keluar agar tetap bisa melanjutkan pernikahan. Namun saya bingung untuk menyakinkan keluarga saya agar tidak percaya dengan hal-hal itu bagaimana ya? Dan agar diperbolehkan dan direstui. Itu yang membuat saya kayak orang linglung, dan sangat mengganggu pikiran saya. Apakah benar ketemu 24 itu tidak baik ya? Tolong dong bagi kisahnya mas mbak. Dan apabila ada solusi untuk menyiasati weton ketemu 24 itu bagaimana. Terimakasih

    BalasHapus
  64. Saya dan suami ketemu Weston 25..namanya rumah tangga pasti ada aja ujian...yakin saja sama Alloh. Ujian itu akan berlalu...sekarang saya dan suami sudah 24 tahun menikah

    BalasHapus
  65. Kerabat sy menikah ketemu 25. Setelah menikah dan py anak satu si suami meninggal dunia. Bpknya kerabat sy juga meninggal.

    BalasHapus
  66. Saya dan pcr saya jg ktmu 25..
    Tp qt rhsiakn sja dri klwarg.. Qt saja yg tw...
    Nikh kn niatny ibdh... Knp qt hrs tkut slge qt blm mncba qt mna tw... Baik burukny pernkhn itu qt yg almi n qt yg jlni. Sbnrnya sy mamang klo hrs percy mitos 25 gk blh nikh.. Tp kmbli lge pda allah..drtd sy bca dsni bnyak komentr negtfny ktmbg positfny..tp sy mncba buat tdk percy itu... Biarlh itu jd kpercyaan org dlu.. Sy percy tp sy tdk ykin jln hdup seseorg yg mw mnkh di tentukn olh weton.

    BalasHapus
  67. Sampurasun Calon Pengantin Bandung!!

    Kini Balai Sartika Convention Hall, Buah Batu Bandung memiliki New Concept Design:

    FULL CARPET, FULL AC & CHANDELIER
    KELEBIHAN YANG DIDAPATKAN:
    1. Ballroom Full AC Central, 2 Standing AC depan pelaminan dan 6 standing AC di titik tertentu
    2. Gedung Full Carpet, Lampu Kristal
    3. Terdapat 4 Ruang Rias Full AC, Full Karpet dan kamar mandi
    4. Kursi 200 Buah & Sudah termasuk listrik 15.000 watt
    5. Service dari Wedding Organizer & Wedding Consultant HIS Balai Sartika
    6. Wedding Consultant Professional yang siap mendampingi Calon Pengantin
    7. Security, Free Parkir dan Akses Tol & Jalan Mudah
    8. Lucky Dip
    9. Paket Fleksibel dapat berubah sesuai kebutuhan Calon Pengantin
    10. Porsi Catering menyesuaikan kebutuhan Calon Pengantin.
    Dapatkan juga spesial promo untuk booking bulan Agustus 2019!!!
    Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi :Zulfa (089611648377)

    BalasHapus
  68. Sampurasun Calon Pengantin Bandung!!

    Kini Balai Sartika Convention Hall, Buah Batu Bandung memiliki New Concept Design:

    FULL CARPET, FULL AC & CHANDELIER
    KELEBIHAN YANG DIDAPATKAN:
    1. Ballroom Full AC Central, 2 Standing AC depan pelaminan dan 6 standing AC di titik tertentu
    2. Gedung Full Carpet, Lampu Kristal
    3. Terdapat 4 Ruang Rias Full AC, Full Karpet dan kamar mandi
    4. Kursi 200 Buah & Sudah termasuk listrik 15.000 watt
    5. Service dari Wedding Organizer & Wedding Consultant HIS Balai Sartika
    6. Wedding Consultant Professional yang siap mendampingi Calon Pengantin
    7. Security, Free Parkir dan Akses Tol & Jalan Mudah
    8. Lucky Dip
    9. Paket Fleksibel dapat berubah sesuai kebutuhan Calon Pengantin
    10. Porsi Catering menyesuaikan kebutuhan Calon Pengantin.
    Dapatkan juga spesial promo untuk booking bulan Agustus 2019!!!
    Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi :Zulfa (089611648377)

    BalasHapus
  69. Alasan weton ketemu 20 bgmn iya ?

    BalasHapus
  70. Aku sama pacar ku mau ke jenjang serius tapi ketemu 24 dan satuannya 12 : 12 apakah satuannya sama itu emang gak boleh? Katanya rampas? Ortuku gak menyetujuinya.. Apa gak ada ruwatan2 apa gitu tolong penjelasannya

    BalasHapus
  71. Tidak usah terlalu percaya, sugestimu yg membuat itu menjadi kenyataan... Cukup pasrah kan kepada Allah dan jgan lupa ibadah mengerjakan sunnah nabi.. Insya allah mulya dunia dan akhirat

    BalasHapus
  72. Ingim berbagi cerita sedikit ya.. jujur saya baru ngeh weton 25 itu apa setelah baca komen rekan-rekan semua. jumlah oernikahan dgn suami sy 25 . saat utu yg jadi wali kakak sy krna berhalangan krna sakit kemudian digantikan oleh paman. selang setahun paman sy meninggal,tetangga dekat menyusul meninggal juga. ntah kebetulan atau bagaimana 1th umur pernikahan sy udah hamil 9bulan . qadarullah putra pertama kami meninggal lalu diusia pernikahan yang ke dua suami selingkuh ..kami pun diambang cerai. tp dengan tekad kuat pasrah sepasrahnya sama Allah bahwa niat saya mebikah untuk ibadah.. saya mulai berdoa menangis sejadi2nta,bnyk2 istigfar . Alhamdulillah lagi2 Allah maha penyayang, memngampuni dosa2 kami.. Algamdulillah diusia pernikahan yg ke empat,kami dikaruniai bayi peremoyan mungil. dan saat ini usia pernikahan menginjak ke 10th. karier suami menanjak,ekonomi keluarga tercukupi. Alhamdulillah insyaAllah biidzillah pernikahan ini akan langgeng. jadi nggak perlu takut..percaya atau tidak? ada satu hal yang bisa mengubah takdir manusia yaitu "doa dan istighfar". ^^

    BalasHapus
  73. Ingim berbagi cerita sedikit ya.. jujur saya baru ngeh weton 25 itu apa setelah baca komen rekan-rekan semua. jumlah oernikahan dgn suami sy 25 . saat utu yg jadi wali kakak sy krna berhalangan krna sakit kemudian digantikan oleh paman. selang setahun paman sy meninggal,tetangga dekat menyusul meninggal juga. ntah kebetulan atau bagaimana 1th umur pernikahan sy udah hamil 9bulan . qadarullah putra pertama kami meninggal lalu diusia pernikahan yang ke dua suami selingkuh ..kami pun diambang cerai. tp dengan tekad kuat pasrah sepasrahnya sama Allah bahwa niat saya mebikah untuk ibadah.. saya mulai berdoa menangis sejadi2nta,bnyk2 istigfar . Alhamdulillah lagi2 Allah maha penyayang, memngampuni dosa2 kami.. Algamdulillah diusia pernikahan yg ke empat,kami dikaruniai bayi peremoyan mungil. dan saat ini usia pernikahan menginjak ke 10th. karier suami menanjak,ekonomi keluarga tercukupi. Alhamdulillah insyaAllah biidzillah pernikahan ini akan langgeng. jadi nggak perlu takut..percaya atau tidak? ada satu hal yang bisa mengubah takdir manusia yaitu "doa dan istighfar". ^^

    BalasHapus
  74. Saya juga korban weton, ortu q percaya kalo 25 pasti buruk nantinya. Rabu Pahing vs Minggu Wage sepertinya nggak bisa di ganggu gugat. Akhir ya saya berpisah dg mantan saya hanya gara2 hal itu. Subhanallah, nyesek akutuh..
    Dan sekarang saya menikah dg lelaki lain dg jumlah weton 27, dan sudah 8th pernikahan. Tapi kalo ingat2 hal itu. Nyeseknya masiih aja.. #susahmoveon saya

    BalasHapus
  75. Saya dg suami jg 25 tp kita bkn org jawa..hanya masukan krn segala sesuatu semua hanya karna kuasa Tuhan...sampai hampir masuk.10thn pernikahan semua tdk.ada masalah..sangat rukun.ekonomi jg aman sj...tdk pernah ada mslh yg rumit namax berkeluarga apalagi diawal untuk penyesuaian pasti ada sj perbedaan tp.intinya hrs ada saling mengerti...sampai saat ini krn yakin dg doa2...baik2 sj..selalu rukun..

    BalasHapus
  76. saya pasangan 25, klo masalah hidup itu biasa, dr segi ekonomi kami merasa cukup, dan kamipun saling syg n saling mengerti, tp sungguh disayangkan entah ini karena weton atau takdir sy lillahi ta'ala, sejak menikah ekonomi kami sgt buruk, selalu ada masalah dg org tua, satu tahun pernikahan sy melahirkan anak pertama dan bersamaan itu bapak sy meninggal, 7 tahun kemudian ibu mertua sy meninggal, setelah seribu hr ibu mertua, bpk mertua jg meninggal pas di hari weton ibu mertua,yg membuat sy sedih mereka meninggal diusia yg belum terlalu tua, tp semua kami kembalikan kpd Allah SWT, hidup dan mati hanya Allah yg tahu, tinggal kita yg menyikapinya, semua itu kuanggap perjalanan hidup, semoga aq n suami tetap bahagia meskipun selalu bnyak masalah silih berganti, aq percaya Kuasa Allah, terima kasih kpd bapaku n ke-2 mertuaku yg dgn iklhas memberi restu pernikahan kami,smg khusnul khotimah,n q selalu berdoa semoga aq n suami menjadi jodoh dunia akhirat. atas restu kalian amiieen...

    BalasHapus
  77. Weton 25 banyak bgt godaanya yah...yg saya alami sungguh menyedihkan

    BalasHapus
  78. Kadang aku masih tidak percaya juga dg hitungan weton pasangan ketemu 25 itu bakal membawa sial dlm rumah tangga.meskipun aku dan calon pasanganku ketemu 25 kami tetep menikah Krn tidak terlalu percaya dg hal mitos semacam itu.kuserahkan segala urusanku KPD sang Khalik.
    Saya menjalani rumah tangga selama 9 th dan sudah dikaruniai anak berumur 7 th. mulai dr awal pernikahan kami seringkali bertengkar dan seringkali mau bercerai, tapi kami tetep bersabar dan mulai memperbaiki hubungan itu lagi.dlm hal ekonomi Alhmdulillah pas-pasan,meskipun ekonomi kami terbilang agak tersendat. Suami sering kena musibah/kecelakaan. karakter, kebiasaan kami dan tujuan hidup kami sangat berbeda jauh, makanya sampai sekarang pun kami pilih berpisah rumah, meskipun kami belum bercerai.kadang saya berpikir percaya atau tidak percaya ya? Kok hampir mirip mitosnya.
    Dan setelah membaca artikel DIATAS saya jadi kepikiran, apakah benar kata orang tua dulu bahwa satuan 25 itu Tibo pegat? Yg artinya Tibo pegat Pati(mati) kalau bukan pegat sandang pangan(rezekinya).

    BalasHapus
  79. kalo saya misal kan percaya, misal lho ini...saya lebih percaya pada hitungan yang konsisten, diatas kriteria 1,2,3,4,5 yang menyebutkan 5=pati adalah angka tunggal...bukan angka ganda, puluhan dsb...karena jodoh itu bersatunya dua insan. dalam logika saya ya dua yang bersatu..dijumlahkan...hasilnya 2+5=7, tujuh, jawanya pitu...filsafatnya pitulungan...dalam hidup lebih banyak pitulungannya...lha saya lebih percaya ini...misal harus percaya.

    BalasHapus
  80. budaya jawa itu masih turunannya budaya sanskerta..dalam hal bahasa...sementara arti budaya sendiri nek menurut saya..perspektif pribadi...adalah hasil cipta, rasa, dan karsa nya manusia...selama cipta nya konsisten saya kira ndak masalah...lhawong baru angka 25 aja gak konsisten dari makna dan literasi, masak iya mau dipakai sebagai pegangan hidup,

    25 bahasa ngokonya selawe yang dimaknai sejatine lanang wedok...ganti bahasa halus..25 = selangkung; se itu satu, langkung = lewat/langkah, sekelewatan, sekejap tuh kan gak konsisten dari makna, juga dari bahasa.

    coba dilihat bahasa sanskerta mulai dari 21 sampai 29 konsisten penyebutannya

    bahkan di bali pun ada yang menyebut lima likur..konsisten.

    jadi percayalah (kalau memang harus percaya) pada konsistensišŸ¤­šŸ¤­

    BalasHapus
  81. Sya juga ketemu 25 baru 3 bulan menikah, sering tengkar dg suami tp alhamdulilah suami sya penyabar & rmah tangga bisa bertahan

    BalasHapus